31 Mei 2013

TIPS ATASI SUSAH TIDUR


Susah tidur di malam hari dialami banyak orang saat ini. Di zaman modern yang serba canggih, waktu tidur kerap tersita oleh pekerjaan dan beban pikiran yang menumpuk. Bahkan tak jarang menjelang waktu tidur Sahabat masih disibukkan dengan aktivitas membuka email maupun browsing internet.

Aktivitas menjelang tidur ini tentu akan berpengaruh pada pola dan kualitas tidur, sehingga tak jarang di antara Sahabat kerap mengalami kesulitan tidur atau mengalami gangguan tidur..Berikut  ini adalah panduan langkah demi langkah yang dapat membantu Sahabat mengatasi serta memperbaiki pola tidur menjadi lebih sehat.

1.    Lakukan aktivitas menyehatkan di siang hari

Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk beraktivitas fisik yang menyehatkan seperti berolahraga di siang hari. Menurut Chris Kline, PhD, ilmuwan dari Fakultas Kedokteran University of Pittsburgh yang mempelajari efek olahraga terhadap tidur, melakukan latihan fisik bahkan dalam porsi moderat ditambah dua sesi latihan otot terbukti dapat memperbaiki kesulitan tidur di kalangan perempuan. Olahraga dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi serta membantu mengatur suhu tubuh.

2.    Dua jam sebelum tidur

Menjelang tidur tidur, biasakan untuk menurunkan intensitas cahaya kamar Sahabat. Menurut Michael Terman, PhD, peneliti cahaya dan ritme biologis dari Columbia University Medical Center, mematikan lampu kamar merupakan upaya memberikan sinyal kepada tubuh bahwa  waktu tidur sudah tiba. Jenis bola lampu juga dapat memengaruhi mudah tidaknya seseorang untuk tertidur. Cahaya putih yang dingin dan terang seperti lampu neon yang berisi komponen biru yang signifikan, adalah jenis cahaya yang mungkin mengganggu waktu tidur. Pilih lampu dengan nuansa cahaya  "soft" atau "warm" dengan temperature 3000 kelvins atau di bawahnya. Lampu jenis ini diyakini tidak akan memicu insomnia.

3.  Satu jam sebelum tidur

Turunkan intensitas cahaya pada layar gadget atau televisi bila Sahabat memang sedang menonton siaran atau membuka alat elektronik lainnya. Menonton televisi atau membuka gadget mungkin saja dapat membuat Sahabat lebih rileks, tetapi layar TV, tablet, atau komputer Sahabat akan memancarkan cahaya biru lebih banyak ketimbang lampu di kamar Sahabat. Belum lagi, obyek yang Sahabat tatap di layar akan membuat Sahabat berkonsentrasi sehingga otak akan terus bekerja. Bukannya Sahabat tambah mengantuk, tetapi malah tambah asyik menatap layar. Bila Sahabat tak mampu melepas kebiasaan menonton tv atau membuka gadget, pastikan untuk menurunkan intensitas cahaya sehingga tidak terlalu terang.

 

4.   Setengah jam sebelum tidur

Ini adalah saatnya untuk memastikan layar televisi atau gadget  Sahabat. Para ahli merekomendasikan Sahabat untuk membaca artikel atau buku-buku ringan dengan pencahayaan yang redup. Cara ini diyakini dapat membantu Sahabat tertidur dengan cepat.

 

 

Sumber artikel:

http://health.kompas.com/read/2012/09/18/14155758/4.Langkah.Atasi.Susah.Tidur

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar